Minggu, 29 November 2020, WIB
Breaking News

, 12 Jun 2017, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Palu, (6/6). Untuk mengukur capaian pelaksanaan prioritas nasional bidang pertanahan yang dilakukan pemerintah pusat di tahun 2017, Direktorat TRP memilih Provinsi Sulawesi Tengah untuk kegiatan pemantauan dan evaluasi. Bertempat di Kanwil BPN Prov. Sulteng, monev kali ini dihadiri oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama BPN, para staf Kanwil BPN Prov. Sulteng, dan 11 Kantah kabupaten/kota.

Saat ini kondisi capaian peta dasar pertanahan dan bidang tanah bersertifikat di Prov. Sulteng masih sangat rendah. Jumlah juru ukur pertanahan masih sangat kurang dari jumlah ideal. Kasus-kasus pertanahan di Prov. Sulteng terdiri dari konflik pertanahan, perkara pertanahan, dan sengketa pertanahan. Masih ada masyarakat yang belum memahami hukum-hukum pertanahan.

Kementerian LHK belum transparan dalam hal data tentang lokasi-lokasi batas kawasan hutan, maka dari itu diharapkan KLHK akan melakukan publikasi tata batas kawasan hutan dengan cara memetakan ulang batas hutan yang sudah temu gelang (sudah ada SK Menteri Kehutanan) ke dalam skala kadastral. Hasil pemetaan yang sudah disepakati ini akan diintegrasikan dalam sistem Geo-KKP.

Dari permasalahan di atas, menurut Direktorat TRP dan Kementerian ATR/BPN perlu dilakukan sosialisasi pemahaman tentang tanah adat/ulayat, perlu dilakukan kegiatan reforma agraria di seluruh kabupaten/kota di Prov. Sulteng, dan perlu dikeluarkan kerangka regulasi pelepasan kawasan hutan agar tidak ada lagi kasus pelepasan kawasan hutan secara parsial. 

Perubahan K3 menjadi K1 dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tetap didasarkan pada kepastian subyek dan obyek. Di Kabupaten Banggai Kepulauan ada sekitar 750 target PTSL, diantaranya 696 potensi K1 dan sisanya sebanyak 54 masuk potensi K3. Saat ini tercatat lokasi PTSL di Kabupaten Tojo Una-una ada sekitar 1000 bidang. [Subdit Infosos]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar