Kamis, 26 November 2020, WIB
Breaking News

, 23 Des 2016, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (21/12). Demi percepatan implementasi Perpres No. 9 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP) pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000, Badan Informasi Geospasial (BIG) mengundang K/L terkait untuk koordinasi teknis penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik (IGT) yang dilakukan masing-masing K/L.

Acara dibuka oleh arahan dari Kepala BIG dan dilanjutkan dengan penyerahan produk IGT kepada K/L terkait, termasuk Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas yang menerima produk IGT yakni Pemanfaatan IG terintegrasi untuk mendukung sinergi pengembangan sistem konektivitas transportasi laut (tol laut) dengan skenario pengembangan wilayah dan data integrasi RTRWN untuk implementasi program nawacita.

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam IGT tata Ruang, seperti perubahan data spasial dalam rangka perbaikan (editing) data bisa mempunyai implikasi terhadap perubahan luas maupun bentuk geometri suatu polygon IGT. Proses editing data spasial dalam format digital (shp) bisa mengakibatkan perbedaan dengan peta lampiran pada dokumen legal, dan belum dirumuskannya mekanisme proses revisi dokumen legal jika data spasialnya mengalami perubahan sebagai konsekuensi dari perbaikan data.

Hal-hal terkait revisi Perda RTRW Kab/Kota yang memiliki gap/overlap, revisi lampiran Peta Pola Ruang karena kesalahan klasifikasi peruntukan, perbedaan dan penyesuaian batas wilayah, akan dibahas lebih lanjut dengan Kementerian ATR/BPN.

Terkait penyelesaian perbaikan IGT yang belum terintegrasi oleh K/L, Kemenhan akan memenuhi target lengkap peta rinci wilayah pertahanan seluruh Kalimantan (5 provinsi) pada 2017. Kementerian ATR/BPN akan melakukan perbaikan teknis 3 peta (RTRWN, RTRWP dan RTRW Kab/Kota).

Seluruh rencana penyelesaian perbaikan untuk IGT yang belum terintegrasi akan dilanjutkan di Tahun 2017. K/L berkomitmen untuk menganggarkan kegiatan OMP sesuai dengan tupoksinya masing-masing di Tahun 2017 dalam rangka Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000. [Subdit Infosos]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar