Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 22 Nov 2016, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (16/11). Rinella Tambunan selaku perwakilan Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan menerima kunjungan DPRD Kabupaten Pati yang berkonsultasi mengenai revisi Perda RTRW Kabupaten Pati pada Rabu (16/11). Dalam revisi Perda RTRW, Kabupaten Pati akan mengubah beberapa peruntukan lahan sehubungan dengan semakin tingginya tuntutan investasi di daerah tersebut. Saat ini, luas kawasan pertanian lahan basah dan kawasan hijau di Kabupaten Pati masih banyak.

Permasalahan alih fungsi lahan menjadi kawasan industri semen menjadi perhatian utama pemerintah daerah. Kondisinya, sudah ada 9 perusahaan yang ingin masuk berinvestasi, namun tidak mendapat izin dari Gubernur Jawa Tengah dan juga tidak disetujui oleh masyarakat setempat.

Menjawab permasalahan ini, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan memberikan pandangannya terkait pembukaan kawasan industri semen. Karena kewenangan kawasan pertambangan berada di pemerintah provinsi, maka kabupaten harus mengikuti arahan Pemprov. Untuk alif fungsi lahan, sebaiknya di cek kembali dengan kesesuaian lahannya apakah sudah benar atau ada ketimpangan.

Mengenai pertanyaan mengenai waktu selesainya revisi PP RTRWN, saat ini revisi PP RTRWN tengah menunggu paraf Menko Perekonomian. Konsep RPP RTRWN dapat dijajaki sebagai masukan revisi Perda RTRW Kabupaten Pati, begitu pula dengan konsep revisi Perda RTRW Provinsi Jawa Tengah.

Terkait LP2B, Pemprov Jawa Tengah sudah menetapkan luasan LP2B di Perda RTRW Provinsi Jawa Tengah. LP2B juga merupakan salah satu kebijakan untuk menghindari alih fungsi lahan. Adapun instrumen pengendalian alih fungsi lahan meliputi perizinan, RDTR dan PZ, insentif dan disinsentif, serta sanksi. [ANI]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 14 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 18 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 13 Kali

Tuliskan Komentar