Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 08 Sep 2016, 00:00:00 WIB, 14 View , Kategori : Tataruang

Jakarta (6/9). Dalam rangka integrasi data Informasi Geospasial (IG) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk implementasi program Nawacita, diadakanlah pertemuan antara Bappenas, Kemen ATR/BPN, BIG, dan Kemen PUPR. Agenda rapat kali ini untuk mengkonfirmasi data jaringan jalan dan bendungan di Kementerian PUPR.

Ruang lingkup program-program prioritas nawacita adalah pembangkit listrik 35.000 MW; 3560 km jalan nasional; 65 waduk; jaringan jalur kereta api; bandar udara; dan pelabuhan.

Inti pembahasan dalam pertemuan ini:
a.  Fokus BIG pada saat ini hanya untuk program infrastruktur prioritas Nawacita dan RPJMN, tidak ke Proyek Strategis Nasional (PSN).
b.  Kementerian ATR/BPN sedang melakukan analisis kesesuaian program nawacita, RPJMN, dan PSN dengan RTRW Provinsi/Kabupaten/Kota.
c.  Hasil kajian ATR/BPN sementara mengenai kesesuaian 65 waduk nawacita dengan RTRW yakni 37 sudah terakomodir dalam perda; 8 terakomodir dalam raperda; 20 waduk belum terakomodir yang akan diakomodir dalam revisi RTRW prov/kab/kota.
d.  Perlu penyamaan sumber data infrastruktur antara BIG, Kemen ATR/BPN, dan Kemen PUPR.
e.  Kementerian PUPR menyampaikan bahwa dari 65 waduk yang di nawacita, 3 waduk diindikasikan akan dipindahkan lokasinya.
f.  Perlu dibuat legenda yang berbeda antara lokasi eksisting, lokasi rencana, dan indikasi lokasi rencana yang akan ditampilkan dalam peta.
g.  Kementerian ATR/BPN akan membantu BIG untuk mengumpulkan peta struktur dan pola ruang provinsi dan kabupaten/kota.

Selanjutnya, Kementerian PUPR akan menyampaikan klarifikasi terkait data jalan nasional dan waduk yang dimiliki oleh BIG, sehingga dapat di masukkan kedalam IG. Data dibedakan antara lokasi eksisting, lokasi rencana, dan indikasi lokasi rencana. [RI]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar