Senin, 23 November 2020, WIB
Breaking News

, 30 Agu 2016, 00:00:00 WIB, 18 View , Kategori : Tataruang

Knowledge atau pengetahuan merupakan aset yang tak ternilai yang dimiliki oleh setiap individu. Pengetahuan yang dimiliki setiap individu pun berbeda-beda tergantung dari banyaknya informasi yang dimiliki individu tersebut. Pencapaian strategi bisnis suatu perusahan  bisa berhasil jika terjadi pertukaran pengetahuan yang dilakukan dalam organisasi sehingga dengan bertambahnya pengetahuan diantara karyawan dalam suatu perusahaan kinerja karyawan dalam melakukan pekerjaannya berjalan dengan baik. Pertukaran pengetahuan ini akan berjalan dengan baik jika dikelola melalui knowledge management.

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara informasi dan telekomunikasi (InfoComm) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. TELKOM  menyediakan jasa telepon tidak bergerak kabel (fixed wire line), jasa telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (cellular), data & internet dan network & interkoneksi baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi. PT telkom merupakan BUMN yang berhasil menerapkan knowledge management di dalam organisasinya. Hal ini terbukti dari beberapa penghargaan yang diperoleh PT Telkom atas keberhasilannya dalam mengelola knowledge management. PT telkom menerapkan knwoledge management dimulai tahun 2003 sehingga PT Telkom mampu melakukan inovasi-inovasi baru.

Kegiatan sharing knowledge ke PT Telkom ini dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2016 dengan peserta dari perwakilan (PIC) masing-masing direktorat dengan koordinator Direktorat Tata Ruang Pertanahan (Subdit Informasi dan Sosialisasi TRP). Penjelasan awal dilakukan oleh Bapak Rofiq dari Dept. Knowledge Sharing dan Utilization PT Telkom dan sambutan dari Bappenas diwakili oleh Sdri. Santi Yulianti, selaku Kasubdit Informasi dan sosialisasi TRP, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan. Kegiatan berbagi pengalaman dan diskusi terkait dengan pengelolaan pengetahuan dalam Sistem KM PT Telkom berlangsung lancar. 

Bentuk knowledge management yang dilakukan oleh PT Telkom yaitu sharing knowledge dalam bentuk conference dan workshop serta pelatihan-pelatihan bagi karyawan, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan pelayanan atau menghasilkan suatu produk. Dari sisi penggunaan teknologi untuk penerapan knoledge management , PT Telkom sudah melakukannya dengan baik hal itu bisa terlihat dari adanya situs human capital & general affairs untuk memfasilitasi komunikasi antara pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan.

Dalam knowledge sharing dengan PT Telkom diketahui bahwa latar belakang mereka mengembangkan Knowledge Management adalah:
a.Pergerakan karyawan yang memasuki pensiun;
b.Pergerakan karyawan dalam memenuhi kebutuhan bisnis;
c.Pergerakan kebutuhan karyawan karena perubahan teknologi dan arah bisnis;
d.Sharing culture diharapkan dapat lebih meningkatkan ide untuk inovasi dan “disruptive idea”;
e.Saat akan memulai implementasi, diyakini bahwa masing-masing industri memiliki keunikan dalam implementasi KM.

Faktor kesuksesan PT Telkom dalam menjalankan KM di internal perusahaan:
a.Pelatihan intensif karyawan;
b.Keterlibatan aktif karyawan;
c.Sifat keterbukaan dan teamwork berdasarkan kepercayaan;
d.Pemberdayaan karyawan;
e.Komitmen dan campur tangan peran pimpinan;
f.Ketersediaan infrastruktur sistem informasi;
g.Pengukuran kinerja karyawan;
h.Benchmarking.

Dalam KM yang dilakukan di PT Telkom, ada satu website e-learning yakni Kampiun yang digunakan secara internal dan berisi tulisan-tulisan hasil pemikiran para karyawan, mulai dari karyawan level paling atas sampai paling bawah, dengan kewajiban dan sanksi yang berbeda. Penerapan KM di PT Telkom lebih ke budaya untuk menulis dan sharing dengan sesama. Karena mereka percaya bahwa aplikasi yang bagus berasal dari sumber daya manusia yang bagus juga. Dalam penerapan sanksi atas ketidakdisiplinan menginput tulisan di website Kampiun, berbeda-beda tergantung dari level jabatan karyawan.

Aplikasi website e-learning yang menjadi salah satu penerapan KM di PT Telkom dapat berjalan baik dan berkelanjutan karena dilakukan berdasarkan struktur kepemimpinan dari atas ke bawah, sehingga tidak terlalu sulit untuk mendisiplinkan tiap karyawan untuk berkontribusi. Para pimpinan langsung memberikan contoh kepada bawahan. Tulisan-tulisan yang ada di website e-learning KM PT Telkom yakni Kampiun berisi tentang hasil pemikiran yang sejalan maupun tidak sejalan dengan perkembangan teknologi dan zaman, sehingga sejarah tidak akan hilang. Pada awalnya di Kampiun setiap karyawan bebas menulis, ketika karyawan sudah mulai suka menulis mereka diarahkan membuat tulisan sesuai tema tahunan yang sejalan dengan visi, misi, dan bisnis perusahaan.

Berdasarkan paparan dan pengalaman yang telah disampaikan oleh pihak PT Telkom, dan sebagai bahan pembelajaran terutama dalam mengembangan KM untuk lingkup Kedeputian Pengembangan Regional Bappenas, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian sebagai berikut:
• Perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi jika suatu KM dapat berjalan dengan baik diantaranya adanya (a) partisipasi dari pimpinan, (b) adanya sistem recognize, (c) adanya komitmen dari management, (d) adanya sarana dan prasarana pendukung serta adanya kemampuan untuk menyakinkan pimpinan untuk menetapkan kebijakan terkait KM sangat penting dalam pengembangan organisasi;
• Sistem KM harus berada dalam satu rangkaian sistem management yang secara utuh menangani proses pengelolaan pengetahuan tersebut. (Subdit Infosos TRP)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 16 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar