Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 27 Jun 2016, 00:00:00 WIB, 18 View , Kategori : Tataruang

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana pengguna data dari sektor Bappenas memanfaatkan dan menggunakan data mikro dari BPS sebagai bahan penyusunan perencanaan dan evaluasi serta menyebarluaskan informasi tentang layanan data mikro BPS di Bappenas. Data Mikro merupakan data yang diperoleh dari BPR berupa hasil data sensus (ekonomi, penduduk, perkotaan pedesaan dll)  yang dikelompokkan dalam kelompok statistik sosial, ekonomi dan spasial yang dimiliki oleh BPS.

Prosedur Permintaan Data Mikro BPS meliputi: (1) Log in ke data.bappenas.go.id (data repositroy dalam bentuk excel), (2) Pilih data, (3) Cetak formulir LADU, Nota dinas dan Abstrak, (4) Unduh Data dan (5) Unggah Hasil. Segmen penggunaan data mikro untuk perencanaan dan evaluasi serta penelitian (JFP, tugas belajar). Ketentuan peminta data: eselon I atau II atau PNS dalam daftar nominatif pegawai. Format Abstrak: Judul, Abstraksi dan Abstraktor. Simulasi Fitur tracking layanan data mikro BPS.

Hal-hal terkait dengan aplikasi layanan ini
- Kegiatan ini merupakan salah satu proyek perubahan untuk peningkatan responsifitas pengelola layanan penyediaan data mikro BPS di Bappenas melalui pembuatan fitur tracking pada proses transaksi permintaan data.
- Ketersediaan data yang update dan berkelanjutan sangat penting bagi para fungsional perencanaan dalam melakukan berbagai analisa kebijakan
- Bappenas akan menjadi leader satu data untuk pembangunan berkelanjutan sehingga data yang ada akan menjadi satu pintu dalam proses pelayanannya.
- Proses verifikasi atas data yang diminta sekitar 5 menit. Jika data yang diminta tidak terdapat dalam daftar tersebut, maka akan dibuatkan dashboard Pengaduan. Mengingat sistem aplikasi ini masih dalam manual data, maka sedang dilakukan penambahan dan perubahan tidak hanya untuk data mikro tetapi untuk data publikasi.
- Ada notifikation jika permintaan data belum diverifikasi oleh Pusdatin agar memudahkan pengguna data mengetahui data yang diminta sudah tersedia.

Sosialisasi ini juga untuk mendorong knowledge management Bappenas. Pengguna data diharapkan menyampaikan hasil akhir ke Pusdatin agar dapat dimanfaatkan semua pihak. [SY]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar