Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 06 Jun 2016, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang

Dalam kesempatan tersebut, Sub Direktorat Informasi dan Sosialisasi mendapat penugasan untuk memaparkan apa saja yang menjadi tugas dalam Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan (Dit TRP) dalam pengelolaan data dan informasi serta bagaimana penerapan aplikasi teknologi informasi yang digunakan selama ini.

Pertemuan dipimpin oleh Staf Inspektorat Bidang Administrasi Umum, Bapak Toto dan staf. Acara diawali dengan penjelasan terkait join survei pendahuluan IT, penjelasan BPKP tentang tujuan pemaparan unit kerja dan pemaparan tupoksi, tata kerja dan dukungan aplikasi yang dilakukan selama ini.

Santi Yulianti, Kasubdit Informasi dan Sosialisasi menyampaikan bahwa penggunaan sistem informasi yang mendukung dalam rangka pelaksanaan tugas di Direktorat TRP sudah dimulai sejak tahun 2013 yang pada awalnya menggunakan e-TRP untuk melakukan pengadministrasian surat-menyurat yang ada dan tahun 2014 dilanjutkan dengan menggunakan tata naskah dinas yang dimiliki oleh Bappenas. Selain itu juga, Dit TRP telah mengembangkan berbagai informasi yang ada dalam suatu sistem aplikasi Managemen Pengetahuan atau lebih sering dikenal dengan nama "Knowledge Management". Dengan adanya aplikasi KM ini diharapkan setiap organisasi dan individu dalam organisasi tersebut mendapat kan berbagai data, informasi dan pengetahuan yang lebih banyak, terstruktur, sistematis, serta dapat digunakan oleh semua orang untuk pencapaian peningkatkan kinerja dalam organisasi. Direktorat TRP sendiri sampai dengan saat ini sudah memiliki beberapa  aplikasi yaitu : Situs TRP, Portal TRP, KM TRP - Landspatial.bappenas.go.id, Km Kedeputian Pengembangan Regional - kmregional.dev.bappenaas.go.id serta naskah dinas - naskahdinas.bappenas. go.id.

Dengan dilakukan pertemuan ini, memang selayaknya akan menjadi lebih tertib dan teratur siapa dan menggunakan apa serta untuk keperluan apa saja agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan dalam setiap unit organisasi yang ada. Sehingga pencapaian tujuan kegiatan yang dilakukan nantinya bisa mencapai dan mendukung untuk mendapat data, informasi, dan pengetahuan dalam pelaksanaan e-planning, e-monev, dan e-budgeting secara terpadu. [SY]

 

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar