Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 30 Jun 2008, 00:00:00 WIB, 20 View , Kategori : Tataruang

Pekanbaru, Kompas - Pencaplokan lahan hutan negara di kawasan hutan tanaman industri PT Arara Abadi (Indah Kiat Pulp and Paper, Grup Sinar Mas) oleh ribuan warga yang tergabung dalam organisasi Serikat Tani Riau semakin tidak terkendali dalam sepekan terakhir.

Massa Serikat Tani Riau (STR) mengabaikan perintah status quo dari kepolisian setempat dengan menduduki lahan, mematok, menebangi pohon akasia, membuat plang tanda kepemilikan lahan yang diklaim sebagai tanah ulayat.

Berdasarkan data PT Arara Abadi, luas lahan yang diduduki oleh massa STR menjadi 1.400 hektar yang tersebar di tiga kabupaten. STR mengklaim tanah ulayat yang dicaplok PT Arara Abadi mencapai 16.000 hektar.

”Mencermati modus yang dilakukan kelompok STR yang secara membabi buta melakukan pendudukan lahan yang diakui secara sah, melakukan perusakan properti perusahaan serta melakukan intimidasi terhadap pekerja, merupakan ancaman yang serius terhadap iklim investasi di Riau,” ujar Hamdani Tarigan, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Riau, Minggu (29/6) di Pekanbaru.

Nurul Huda, Humas PT Arara Abadi, mengungkapkan, persoalan sengketa lahan antara massa STR dan PT Arara Abadi sudah berlangsung lama.

Di tempat terpisah, Riza Zulhelmy, Ketua STR, mengakui kelompoknya memang melakukan plangisasi lahan di areal tanah ulayat yang menjadi milik anggotanya.

Akan tetapi, di lapangan, bukan hanya plangisasi yang terjadi. Massa yang tidak dikenal terlihat menebang dan membakar lahan akasia milik perusahaan pengelola hutan tanaman industri itu di Minas, Kabupaten Siak.

Namun, Riza membantah bahwa perusakan dan pembakaran dilakukan massa STR. Menurutnya, aksi itu dilakukan kelompok di luar STR. (SAH)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 13 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 12 Kali

Tuliskan Komentar