Sabtu, 28 November 2020, WIB
Breaking News

, 25 Feb 2016, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (22/2). Dalam rangka pemantapan rancangan perda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi (RTR KSP) Pantura Jakarta, diadakanlah pembahasan yang diantara Bappenas, Kementerian ATR/BPN, KLHK, KKP, Kementerian PU-Pera, Kementerian Pertahanan, Akademisi IPB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. KLHS KSP Pantura Jakarta berbeda dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Tata Ruang Wilayah (KLHS RTRW) Provinsi DKI Jakarta, sehingga RTR KSP Pantura harus dilengkapi dengan dokumen KLHS.

Ketentuan pelaksanaan kegiatan reklamasi harus disesuaikan dengan Perpres No. 122 Tahun 2012 tentang Reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Selama ini telah dilakukan mapping spasial di Kawasan Pantai Utara Jakarta (antara Pelindo II, Pemda DKI Jakarta, dan NCICD) yang menghasilkan analisa bahwa akan ada konflik apabila Pulau Q dibangun, yakni akan bertabrakan dengan Jalur Pembuangan Air tawar dari BKT. Rekomendasi saat ini adalah memindahkan Pulau Q di atas Pulau O atau Pulau P. Bappeda DKI Jakarta akan melakukan kajian ulang mengenai lokasi Pulau tersebut.

Di akhir pembahasan disepakati bahwa Kementerian ATR/BPN akan mengawal perbaikan RTR KSP Pantura berdasarkan masukan dari anggota BKPRN dalam Rapat pembahasan raperda RTR KSP Pantai Utara Jakarta pada tanggal 1 Februari 2016. Dokumen KLHS akan disusun oleh Bappeda DKI Jakarta dan akan didampingi oleh KLHK, serta akan dilakukan studi lebih lanjut oleh Bappeda DKI Jakarta dalam rangka pemindahan lokasi Pulau Q. [RI, RA]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar