Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 19 Jan 2016, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (13/1). Strategi komunikasi penting dilakukan untuk tahu dimana posisi target audiens. Selain itu strategi komunikasi juga berguna untuk mendorong agar kebijakan Tata Ruang dan Pertanahan (TRP) dapat dijadikan acuan, diadopsi, dan diimplementasikan oleh para pemangku kepentingan. Hal inilah yang didiskusikan dalam forum diskusi dan konsultasi yang diselenggarakan oleh Subdit Informasi dan Sosialisasi Direktorat TRP Bappenas di Hotel Millenium pada Rabu (13/1).

Acara ini disupervisi oleh PROTARIH (Program Tata Ruang dan Investasi Hijau Papua) dan didukung oleh tenaga konsultan dari Speak Indonesia. Peserta yang berasal dari direktorat-direktorat yang ada di Bappenas, Pusdatin dan Humas Bappenas, Bina Bangda Kemdagri, dan Kementerian ATR/BPN.

Humas Bappenas memberikan contoh isu komunikasi di pemerintahan, seperti rata-rata para menteri di Indonesia masih terlihat kurang paham terhadap data-data yang sifatnya detail, sehingga kurang tepat jika menggunakan menteri sebagai komunikator untuk mensosialisasikan informasi yang detail di media massa, hal ini lebih cocok ditangani oleh Eselon I atau Eselon II kementerian tsb. Sementara itu untuk kebijakan RPJMN, kata-kata yang dipakai untuk penulisan bagi orang awam yang bukan spesifik di bidangnya dianggap seperti berkhayal, kurang jelas, seakan menutup-nutupi apa yang menjadi kegiatan sebenarnya. Hal ini harus diperbaiki dengan menggunakan kata-kata straight to the point agar pesan yang disampaikan dapat diterima audiens.

Di akhir acara, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Oswar Mungkasa, memberikan insight atas kritikannya terhadap situs kementerian PPN/Bappenas dan proses komunikasi eksternal terkait kebijakan-kebijakan pemerintah. Menurut Oswar, komunikasi pada dasarnya sangat bergantung pada dua hal, yaitu komitmen dan campaign. Maka dari itu pihak-pihak yang bekerja menyuarakan kebijakan pemerintah harus berkomitmen dan concern terhadap kampanye pemerintah. (RA)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 12 Kali

Tuliskan Komentar