Senin, 30 November 2020, WIB
Breaking News

, 23 Des 2015, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (23/12). Acara Badan Informasi Geospasial (BIG) ini diawali dengan kata sambutan Kepala BIG, sambutan dan peresmian Satu Peta Informasi Geospasial Tematik (IGT) oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan paparan arahan oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas.

Bertempat di Hotel Bidakara, acara peluncuran ini merupakan finalisasi dari rapat koordinasi di daerah yang dilakukan oleh 14 Pokja sebagai salah satu bentuk konkrit dari amanat Undang-Undang No.4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

Secara umum Kebijakan Satu Peta dimaksudkan untuk menghasilkan peta-peta agar tidak terjadi tumpang tindih pemanfaatan lahan sebagai peta yang menggunakan satu referensi, satu standar, satu basis data, satu geoportal yang dapat dimanfaatkan oleh semu pihak dengan skala 1:50.000. Satu Peta diharapkan dapat menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan nasional.

Setelah peluncuran dan penandatanganan Satu Peta IGT, dipaparkan informasi terkait Peta IGT yang meliputi beberapa tema, yaitu Peta Indikatif Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG); Satu Peta Multirawan Bencana; Satu Peta Karakteristik Laut Nasional; Satu Peta Mangrove Nasional; Satu Peta Penutup Lahan; dan Satu Peta Sedimen Dasar Laut Nasional.

Arifin Rudiyanto selaku Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas berpesan agar data IGT yang disusun perlu akurasi yang baik sehingga dapat dipertanggungjawabkan, penyusunan data IGT ini perlu melibatkan pemda dan swasta, serta menggunakan teknologi yang mutakhir.

Kebijakan satu peta diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pemanfaatan lahan. Selain itu, Satu Peta akan dimanfaatkan dalam penyusunan tata ruang dan penerbitan perizinan. Dengan adanya kebijakan tersebut dapat mengurangi anggaran dalam penyusunan peta karena dapat memanfaatkan peta yang sama dengan yang telah disusun oleh kementerian/lembaga lainnya. (IK)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 21 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar