Sabtu, 28 November 2020, WIB
Breaking News

, 26 Nov 2015, 00:00:00 WIB, 19 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (25/11). Bertempat di Hotel Grand  Cemara, konsolidasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi konsep pengembangan dan hasil kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kawasan perdesaan serta mendapatkan informasi konsep pengembangan dan hasil kegiatan kerjasama dan peningkatan kapasitas di kawasan perdesaan.

Kementerian Desa dan PDT menjelaskan bahwa arah Pengembangan Kawasan Perdesaan meliputi pemberdayaan masyarakat, kualitas lingkungan, konservasi sumber daya alam, pelestarian warisan budaya lokal, kawasan lahan pertanian pangan berkelanjutan untuk ketahanan pangan, dan keseimbangan pembangunan perdesaan – perkotaan.

Dalam PP No. 26/2008  tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) bisa dikatakan bahwa RTRWN merupakan rencana tata ruang yang bersifat umum. Dalam rangka penjabaran dan operasionalisasi sistem nasional yang termuat dalam RTRWN, maka diamanatkan untuk disusun secara rinci berupa RTR pulau/kepulauan dan RTR KSN.

Mengingat penataan  ruang nasional dilakukan secara berjenjang dan komplementer, maka rencana rinci dari RTRWN harus sinkron dengan RTRW Propinsi/Kabupaten/Kota hingga Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Oleh karena itu, keberadaan RTR Kepulauan dan RTR KSN sangat penting sebagai acuan daerah dalam melaksanakan perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan tata ruang.

Menurut perwakilan Direktorat TRP, mengenai isu strategis bidang terutama untuk kawasan strategis nasional sudah mengakomodasi UU No.26/2007 tentang Penataan Ruang. (SY, HD)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar