Minggu, 29 November 2020, WIB
Breaking News

, 21 Agu 2015, 00:00:00 WIB, 19 View , Kategori : Tataruang

Jakarta (14/8). Pembahasan mengenai percepatan penyelesaian proyek infrastruktur diadakan di kantor Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada Jumat (14/8). Pembahasan ini dihadiri oleh Bappenas (Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian ATR/BPN, serta Kementerian Perekonomian.

Pertemuan ditujukan untuk mengidentifikasi program infrastruktur yang telah ditetapkan di dalam RPJMN dan RKP yang belum dialokasikan ruangnya di dalam RTR manapun. Masalah utama yang dihadapi adalah: (1) rendahnya pelaksanaan kegiatan yang memerlukan ruang karena belum terakomodasi di dalam RTR; (2) maraknya gugatan masyarakat terhadap izin pembangunan infrastruktur yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah.

Infrastruktur besar yang ditetapkan di dalam RPJMN telah diakomodasi di dalam RTRWN. Infrastruktur kecil seperti waduk dan jaringan irigasi akan didorong untuk masuk ke dalam RTRWK. Infrastruktur kelistrikan belum dapat dipetakan karena beberapa berupa target output tanpa dilengkapi lokasi.

List infrastruktur yang tercantum dalam RPJMN dan RKP sudah disusun oleh Bappenas (dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Wilayah) dan dapat digunakan oleh Kementerian ATR, Menko Ekon, Setkab dan Kemdagri untuk pengecekan di rencana nasional dan rencana daerah.

Sampai saat ini list tersebut belum seluruhnya dikonfirmasi oleh K/L karena sebagian besar K/L belum menyelesaikan Renstranya. Analisis kesesuaian dapat dilakukan dengan Renja K/L 2015 dan 2016.
Dengan list yang ada, ATR akan konfirmasi ke K/L, Kemdagri akan konfirmasi ke daerah, dan Bappenas akan konfirmasi dengan menggunakan Renja K/L yang sudah ditetapkan. (MA, RA)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar