Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 14 Jul 2015, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang


Disampaikan bahwa sampai saat ni telah ada beberapa pencapaian terutama terkait dengan pengumpulan data-data terkait demand kebutuhan energi listrik di seluruh wilayah di Indonesai sudah dilakukan oleh Direktorat ETI Bappenas. Data-data terkait sebaran sumber daya mineral dan pertambangan sudah dipetakan sebagai gambaran kondisi eksisting dari sumber energi saat ini oleh Direktorat SDEMP Bappenas. Termasuk data mengenai jumlah yang sudah digunakan, cadangan/potensi dan sebaran. Sudah dilakukan pengumpulan data-data terkait potensi pengembangan energi baru terbarukan di beberapa wilayah di Inodnesia seperti rencana pembangunan pembangkit listrik (uap, angin, arus laut, air, panas bumi dan nuklir), pengembangan biofuel dan pengembangan solar cell.
Dalam kesempatan tersebut dikatakan bahwa outline laporan kajian sudah dibuat meskipun sifatnya masih tentatif, sedangkan untuk otuline dan isu yang akan disampiakan dalam policy brief belum disepakati.
Dari hasil diskusi ternyata ada hal-hal yang belum dilakukan adalah (i) belum dipetakan permasalahan baik struktural maupun non-struktural terkait pengembangan energi baru terbarukan secara komprehensif, (ii) terkait demand kebutuhan energi non-listik (misalnya energi panas) belum dapat dipetakan, (iii) pendekatan yang dilakukan dalam kajian belum memasukkan unsur ketersediaan SDM pendukung (baik kualitas maupun kuantitas), serta (iv) beberapa analisis seperti analisis kewilayahan, kelembagaan dan pendanaan terkait pengembangan energi baru terbarukan belum dilakukan.

Terkait dengan posisi Dit TRP di dalam penyusunan kajian hingga saat ini belum jelas mengingat masih banyaknya data yang belum lengkap dan belum tersusunnya grand design kajian yang komprehensif. (EY/SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 14 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 18 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 13 Kali

Tuliskan Komentar