Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 26 Jun 2015, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Jakarta (23/6). Sofifi merupakan ibu kota baru Provinsi Maluku Utara sejak 4 Agustus 2010. Kedudukannya sebagai ibu kota provinsi sudah di rencanakan sejak pecahnya Maluku Utara dari Maluku pada 1999. Sofifi berada di Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore dan merupakan bagian dari poros Pulau Halmahera, di seberang Pulau Ternate.

Pada Selasa (23/6) di Bappenas dibahas mengenai persiapan perancangan kota baru Sofifi. Rapat yang dihadiri oleh TPRK Kota Baru Sofifi, Tim Konsultan, Bappeda Provinsi Maluku Utara, Dinas PU Kab Tidore, serta pihak-pihak berkepentingan Bappenas ini mendiskusikan Draft I Konsep Masterplan Kota Baru Sofifi, Maluku Utara.

Dikatakan bahwa fungsi Sofifi untuk mendukung sasaran pembangunan nasional, maka dari itu perlu menggali potensi pengembangan sektor yang berhubungan dengan sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil. Diperlukan pula agar mempertimbangkan skenario pertumbuhan penduduk terencana, bukan hanya pertumbuhan penduduk alami. Perencanaan dengan skema compact city perlu dipertimbangkan.

Mia Amalia, Kasubdit Tata Ruang, menggarisbawahi ada beberapa pemikiran yang belum disampaikan di dalam pertemuan, antara lain:
a.  Data yang perlu dikumpulkan salah satunya adalah RZWP3K, mengingat sebagian besar Wilayah Kota Sofifi adalah pesisir dan laut (70%);
b. Perlu perluasan analisis rencana pengembangan seluruh Pulau Halmahera, mengingat Kota Sofifi akan menjadi pusat pelayanan bagi kabupaten di sekitarnya. Dari diskusi yang mengemuka, potensi sektor utama yang dapat dikembangkan adalah sektor pendidikan dan penelitian. Untuk menunjang kegiatan pendidikan dan penelitian diperlukan sarana pendidikan dan juga sarana penunjangnya.
c.  Pengembangan kota yang berbasis industri perikanan perlu memperhatikan pula fasilitas yang layak untuk nelayan sebagai tulang punggung industri serta fasilitas untuk kawasan industri kecil yang modern.
Tinjauan lapangan ke Sofifi direncanakan akan dilaksanakan pada 5-9 Juni 2015. [MA,RA]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 15 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 19 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar