Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 15 Jun 2015, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat TRP Bappenas membantu Tim Penulis inti dari Kementerian ATR/BPN/Kementerian PU, BNPB serta SC-DRR dalam menyusun dan memperbaiki materi substansi standar penataan ruang yang diinginkan.  1.    Standar Penataan Ruang di Kawasan Rawan Bencana/SPR KRB (Gempa Bumi, Longsor, Tsunami, Letusan Gunung Api, Banjir, Kekeringan) menjadi “basis” penyatuan, sedangkan  materi 3 pedoman lainnya menjadi pelengkap.
Adapun judul pedoman hasil penyatuan tersebut adalah "Pedoman Penataan Ruang Berbasis Pengurangan Risiko Bencana (P2R PRB).

Beberapa catatan penting sebagai bahan pertimbangan penyempurnaan P2RPRB adalah sebagai berikut:
• Perlu penjelasan tentang tata laksana/kelembagaan, khususnya terkait mekanisme, proses dan prosedur, serta pihak yang mengawal/mengevaluasi/menjamin bahwa rencana tata ruang daerah telah berbasis mitigasi bencana atau pengurangan risiko bencana. Misalnya BPBD menjadi anggota BKPRD dan evaluator aspek tsb.
• Perlu penegasan dan pembedaan muatan mitigasi/PRB dalam berbaga hirarki RTR. Termasuk penegasan lingkup penggunaan pedoman ini dalam penyusunan RTR (apakah semua hirarki atau tertentu)
• PZ di KRB perlu mencakup pengaturan pada KRB dengan  multi-hazard, serta ketentuan ITBX-nya.
• Perlu dipertimbangankan kewajiban mitigasi bencana dalam RTR sebagai bagian SPM bidang penataan ruang
• Perlu substansi yang menjembatani Disaster Risk Reduction (dalam pedoman ini) dengan Climate Change Adaptation (pada pedoman terpisah nantinya)
• Penegasan positioning terhadap KLHS.

dalam penyusunan pedoman dibagi menjadi ke dalam 2 kelompok kerja, dimana Direktorat TRP termasuk dalam kelompok kerja 1 untuk membahas sub bab I dan IV. Kelompok kerja 1 telah menghasilkan garis besar materi pedoman untuk bab I dan IV.

Sebagai kesimpulan dan tindaklanjut dari kegiatan ini akan diadakah worshop kembali pada tanggal 22 - 24 Juni (tentatif) untuk melakukan pembahasan materi pedoman Rencana Tata Ruang Berbasis PRB (berdasarkan hasil pembahasan dari workshopini secara lebih rinci lagi. (RI/SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar