Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 20 Mei 2015, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Ekstensifikasi pajak merupakan upaya perluasan subjek dan objek pajak, sedangkan intensifikasi pajak adalah peningkatan intensitas pungutan terhadap objek dan subjek pajak yang belum terjaring pajak.  Dalam pertemuan tersebut dibahas juga mengenai pajak yang memiliki 2 fungsi yaitu sebagai instrumen kebijakan dan sebagai penerimaan negara. Pajak tanah sendiri berpotensi untuk menjadi keduanya nmaun saat ini pajak tanah (pajak bumi dan bangunan) masih fokus sebagai penerimaan negara saja.

Dalam penentuan kebijakan untuk meningkatkan penerimaan negara melalui ekstensifikasi dan intensifikasi haru sdilakukan pengkajian yang mendalam karena perilaku/respon masyarakat berbeda-beda dan malah berpotensi menunrunkan pendapatan negara dari pajak. Dalam beberapa kasusterjadi anomali dalam pembayaran pajak yang mengakibatkan kerugian negara.

Pada pertemuan ini disampaikan pula bahwa untuk peningkatan penerimaan pajak bumi dan bangunan sebaiknya dilakukan dengan menajring objek pajak yang belum terdaftar sehingga dapat menigkatkan penerimaan. Sementara untuk pajak lain diluar pajak bumi dan bangunan atau pajak yang berdasarkan pada aktifitasa dimungkinkan untuk dilakukan intensifikasi.  Penentuan kebijakan terkait pajak harus diperhatikan lebih dalam khususnya untuk pengembangan wilayah. Dalam beberapa kasus peniadaan/pengurangan pajak sebagai insentif untuk infestasi malah dapat meningkatkan pertumbuhan wilayah dengan pesat dan pada akhirnya meningkatkan penerimaan negara dengan lebih signifikan.

Usulan yang mengemuka terkait nilai tunggal tanah, dimana mengatur harga tanah secara tunggal yang disesuaikan dengan NJOP terutama untuk proses  pembelian atau ganti rugi pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Namun telah dijelaskan bahwa pengaturan tunggal terhadap harga tanah dan nilai tanah tidak dapat dilakukan karena dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk menentukan kebijakan dalam upaya meningkaktan pendapatan negara melalui ekstensifikasi ataupun intensifikasi tanah. (GN/SY).

 

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 16 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 19 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar