Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 12 Mei 2015, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (12/5). Dalam rangka melaksanakan kajian Direktrorat Tata Ruang dan Pertanahan (TRP), pada tanggal 8 Mei 2015, dibawah koordinasi Sub Direktorat Tata Ruang, Direktorat TRP telah melaksanakan pertemuan dengan Tim tenaga Ahli Kajian (ibu Gita dan Yovi) untuk membahas persiapan pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) di 3 (tiga) wilayah yaitu Gorontalo, Sumatera Barat dan Jawa Timur yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Juni 2015.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas laporan perkembangan kegiatan kajian mateir teknis pedoman sinkronisasi rencana tata ruang dan rencana pembangunan. Hadir pula perwakilan dari subdit Infosos dan sekretariat BKPRN.  Ibu Gita menyampaikan bahwa sampai dengan periode Mei 2015, telah dilakukan (a) penyusunan laporan pendahuluan, (b) inventarisasi kendala melalui kajian literatur dan kunjungan awal lapangan di 2 eilayah study tersebut, (c) perumusan hasil inventarisasi kendala dan draft materi teknis pedoman sinkronisasi RTR dan Rencana Pembangunan dalam format laporan antara.

Berdasarkan hasil kunjungan awal lapanga tersebut disimpulklan 5 temuan kendala utama yaitu terkait dengan muatan antara RTRW dan RPJMD, periodisasi waktu antara RTRW dan RPJMD, penerjemahan nomenklatur antara RTRW dan RPJMD, dan sebaliknya, peran lembaga koordinasi di daerah dalam upaya sinkronisasi RTR dan Rencana Pembangunan serta kualitas sumber daya manusia aparat daerah dalam melakukan sinkronisasi RTR dan rencana Pembangunan.

Dalam diskusi yang berlangsung, ada beberapa hal yang muncul seperti tujuan dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dengan baik dalam rencana pembangunan, FGD yang akan dilaksanakan dapat menguji sekaligus menampung masukan daerah terhadap draft pedoman yang telah disusun, perlu ditambahkan adanya gambaran contoh kondisi yang ideal dari sinkronisasi antara RTR dan rencana Pembangunan yang telah berhasil diimplementasikan di beberapa negara lain. serta perlu ditambahkan dalam rangka merumuskan kemungkinan bentuk sinkronisasi muatan terhadap dokumen RPJMD. terkait dengan pelaksanaan FGD yang akan dilaksanakan perlu dipertimbangkan kembali mengenai keterlibatan K/L lain seperti Kementerian ATR/BPN dalam ikut serta pelaksanaan FGD di daerah dan penambahan beberapa SKPD terkait lainnya seperti DKP, kantor wilayah pertanahan, dan BPBD.

Sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi ini akan diadakan rapat lanjutan dengan Staf Direktorat TRP megenai desain teknis FGD pada tanggal 13 Mei 2015 serta simulasi FGD pada tanggal 27-28 Mei 2015. (EY/SY).

 

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 13 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 12 Kali

Tuliskan Komentar