Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 12 Mei 2015, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (12/5). Dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan khususnya terkait dengan data dan informasi dalam proses perencanaan pembangunan, Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas telah menyelenggarakan rapat koordinasi terkait pengelolaan data dan informasi di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas.  Peerta yang hadir merupakan perwakilan dari masing-masing unit kerja eselon II di Lingkungan Kedeputian Pengembangan  Regional dan Otonomi Daerah. Direktorat TRP dalam hal ini diwakili Sdr. Rini Aditya, Staf Subdit Informasi dan Sosialisasi TRP. Rapat dilaksanakan di Bappenas dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Informasi, Pusdatin Renbang, Kementerian PPN/Bappenas.

Rapat ini bertujuan untuk menyepakati proses bisnis khususnya ketersediaan dan kebutuhan data dan informasi di kedeputian Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah.  Selama ini web Bappenas terlalu bersifat sremonial, oleh karenanya diperlukan tambahan konten dari tiap direktorat lainnya.  Hal ini belum terpenuhi disebabkan oleh adanya kebutuhan data yang diperlukan seringkalai tidak tersedia. padahal Bappenas selama ini telah banyak melakukan koordinasi dan pengumpulan data dan informasi terkait dengan e-musrenbang, RKP, Trilaterang meeting, Musrenbang dan Forum Konsultas Publik yang semuanya harus dikumpulkan secara baik dan sistematis. menurut Yudianto, selaku Kepala Sub Direktorat Data dan Infomrasi Kewilayahan mengatakan bahwa dulu ada UKPR di Kedeputian Regional yaitu pengumpulan basis data yang sifatnya regional yang bisa di share ke kedeputian lain, sehingga menghasilkan suatu kajian. Tetapi seiring berjalannya waktu, akhirnya unit UKPR ini tidak ada keberlanjutannya.

Oleh karenanya saat ini, Pusdatin telah berkoordinasi dengan Tim EKP untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan musrenbangnas tersebut terutama dalam kevalidan data dan informasi yang ada.  Selain itu, juga saat ini web Bappenas menyediakan share link mitra kerja lain seperti BPS, BIG, Kemendagri. 

Kedepannya, akan dibahas lebih lanjut mengenai Katalog Data yang dituangkan dalam MOU antarkementerian dan feedbacknya harus dirasakan dua arah sehingga antara ketersediaan dan kebutuhan data dan informasi dapat dikelola secara baik dan benar. RA/SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 13 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 12 Kali

Tuliskan Komentar