Selasa, 24 November 2020, WIB
Breaking News

, 09 Apr 2015, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang


Dalam rangka koordinasi dengan para peserta, Panitia Pameran dalam hal ini Direktorat Otonomi Daerah menyelenggarakan pertemuan dengan para PIC dari masing-masing direktorat teknis di Bappenas untuk mendapatkan masukan, konfirmasi peserta dan penentuan topik masing-masing pembicara dalam talskhow yang rencananya akan ditampilkan.
Rapat diselenggarakan di Ruangan Direktorat Otonomi Daerah dan membahas masing-masing subtema yang terbagi dalam 4 subtema yaitu:
a. Kedaulatan Pangan;
b. Kemaritiman dan Kelautan;
c. Ketersediaan energ; dan
d. Meningkatkan potensi kepariwisataan.

Tujuan dari Pameran Perencanaan Pembangunan Nasional 2015 ini untuk mensosialisasikan program-program dalam Nawacita. Pameran akan diselenggarakan pada tanggal 28-29 April 2015 bertempat di ruang Binakarna, Hotel Bidakara. Sasaran dari peserta pameran meliputi: Kementerian/Lembaga Pemerintah; Pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), termasuk lembaga penelitian, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan mitra pembangunan multilateral dan bilateral.

Proses perkembangan pelaksanaan persiapan pameran perencanaan pembangunan nasional 2015 ini sendiri hanya tinggal beberapa minggu saja.  Oleh karenanya berbagai hal terkait dengan kepesertaan, tema pameran, penentuan SK Pameran, subtansi/materi pameran dari setiap peserta booth sampai dengan hal teknis seperti surat menyurat keikutsertaaan peserta, jadwal kegiatan sampai dengan pembuatan nametag ataupun yang lainnya sedang dalam proses semaunya, sehingga diharapkan dengan diadakannya rapat koordinasi baik antar PIC direktorat terkait dan dengan peserta pameran nantinya akan diperoleh masukan dan hal-hal yang dapat memberikan ide-ide baru untuk dituangkan dalam persiapannya.

Perkiraan sementara booth: 32 booth dan 2 non booth. Pusbindiklatren dan Pusdatin akan mengisi ruang di data informasi. Bagi peserta yang tidak mendapat booth akan ditaruh dalam non booth nantinya.
Ukuran booth yang ada: 3x3 sebanyak 8 booth dan ukuran 2x3 sebanyak 24 booth.
Peserta pameran untuk sektor unggulan: Kedaulatan Pangan terdiri dari Kementerian Pertanina, Kementerian PU-Pera, Kementerian ATR/BPN, BULOG, Kementerian Kehutanan dan LH, serta Kabupaten Kaur. Dengan jumlah booth: 6 booth. Sedangkan peserta pameran untuk sektor unggulan: Kemaritiman terdiri dari BAKAMLA, BNPP, Kementerian KKP, Kementerian Perhubungan, PELINDO, LAPAN, BIG, PT PAL, Provinsi Maluku dan Kabupaten Natuna. Jumlah booth sebanyak 10 booth.
Terkait dengan pembiayaan, perwakilan staf Dit Sektor masih akan  menanyakannya lagi  kepada setiap K/L dan daerah. Satu kementerian yang keberatan untuk membayar yaitu Kementerian Kehutanan dan LH dikarenakan anggaran kementeriannya masih diblokir.
Masukan Direktorat TRP: Kementerian ATR diusulkan untuk mengisi di Kelompok Kedaulatan Pangan dengan ukukran booth 2x3. Fokus pada program pembukaan 1 juta lahan sawah baru Reforma Agraria 9 juta HA, stop konversi lahan produktif serta lahan keberlanjutan.

Sebagai hasil dari pertemuan ini adalah:(a) Setiap Direktorat Sektor diminta untuk mengkonfirmasikan kembali program/kegiatan yang akan ditampilkan dalam pameran dan menyampaikan kepada Panitia Pameran secepatnya, (b) SK Pameran sedang dalam proses di Biro Hukum.
(c) Pembiayaan terkait dengan rapat koordinasi, penugasan kepada pihak EO sudah diproses langsung ke Biro Renortala.

Selanjutnya, Direktorat Otonomi Daerah akan mengirimkan surat undangan kepada seluruh peserta pameran dalam waktu dekat dan setiap direktorat sektor di Bappenas yang terlibat dalam subtema yang ada diminta untuk mengawal mitra kerjanya K/L untuk berperan aktif dalam pameran perencanaan pembangunan nasional 2015 ini (SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 17 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar