Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 10 Mar 2015, 00:00:00 WIB, 14 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, 10 Maret 2015. Sesuai Undang-undang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 25 Tahun 2004, perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional. Hal ini menjadikan setiap daerah mempunyai isu, karakteristik dan kapasitas yang berbeda alam penyusunan dokumen rencana pembangunan. salah satu langkah untuk meningkatkan mutu rencana pembangunan adalah dengan memberikan penghargaan keapda daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik.
Penilaian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan dan memperkuat kemitraan dalam perencanaan pembangunan.

Pemberian Anugerah Perencanaan Pangripta Nusantara kepada provinsi dan Kabupaten/Kota bertujuan mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

tahun 2015 ini, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan (Dit TRP) mendapat tugas menjadi koordinator pelaksanaan kegiatan pemberian Anugerah Pangripta Nusantara (APN). Dibantu dengan Tenaga Tim Penilai Pusat, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis, telah diselenggarakan rapat koordinasi untuk melakukan tahap penilaian I APN 2015 untuk Provinsi pada tanggal 5 Maret 2015 di Bappenas.
Penilaian untuk masing-masing provinsi dilakukan oleh 3 penilai dari anggota Tim Penilai Teknis.  Pada rapat ini dilakukan verifikasi terhadap penilaian yang telah dilakukan oleh Tim Penilai Teknis. Dari 34 Provinsi di Indonesia, terdapat 2 provinsi yang tidak mengikuti kegiatan APN 2015 yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dalam rapat disepakati bahwa hasil kesepakatan dari masing-masing TPT  selanjutnya difinalisasi untuk penilaian setiap provinsi. Selanjutnya hasil penilaian yang dilakukan oleh TPT akan disampaikan kepada Direktur Tata Ruang dan Pertanahan dan Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah. Tindak lanjut yang akan dilakukan adalah penetapan penilaian tahap I dan persiapan penilaian tahap II APN Tahun 2015 untuk penentuan nominasi untuk provinsi. (RI/SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 14 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 18 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 13 Kali

Tuliskan Komentar