Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 06 Mar 2015, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Sekda Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa memimpin rakor Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Provinsi Gorontalo untuk membahas penguatan kelembagaan BKPRD terkait RPJMN periode 2015-2019. Rapat yang berlangsung pada 25 Februari 2015 dan dihadiri oleh Direktur Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas Oswar Mungkasa ini menghasilkan beberapa poin yang harus ditindaklanjuti.

Isu yang dibahas antara lain tentang alih fungsi lahan pertanian, pencegahan pelanggaran tata ruang, satpol yang diusulkan menjadi anggota BKPRD Provinsi Gorontalo serta perihal terbentuknya Kementerian ATR berdampak pada konstelasi kelembagaan penyelenggaraan tata ruang di daerah.

Hal lain yang menjadi perhatian dalan rakor ini adalah kegamangan PPNS memroses pelanggaran karena berbenturan dengan kepentingan berbagai pihak. Selain itu, mereka juga membahas mengenai perhatian khusus yang perlu diberikan pada kegiatan pengendalian pemanfaatan ruang, yaitu berupa penyediaan PPNS tata ruang karena seluruh PPNS yang ada telah beralih tugas sehingga praktis tidak ada lagi PPNS di provinsi Gorontalo.

Para peserta yang terdiri atas wakil BKPRD kabupaten/kota serta wakil SKPD anggota BKPRD Provinsi Gorontalo ini merekomendasikan beberapa hal, antara lain perlu ditegaskan keberadaan SKPD yang menangani urusan tata ruang dan revitalisasi BKPRD, lahan sawah agar ditetapkan melalui Perda Tata Ruang, dan lebih memerhatikan keamanan dan kenyamanan PPNS dalam bertugas.

Bertempat di Kantor Bappeda Propinsi Gorontalo, rakor ini menyimpulkan bahwa sosialisasi RPJMN Bidang Tata Ruang dan Pertanahan 2015-2109 perlu segera dilaksanakan. Bahan paparan perlu disempurnakan dengan mempertimbangkan masukan pada saat Rapat Internal TRP terkait Sosialisasi RPJMN. Sebaiknya bahan paparan dibuat agar lebih mudah dipahami dengan menggunakan hiperlink.[RA]



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 14 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 18 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 13 Kali

Tuliskan Komentar