Minggu, 29 November 2020, WIB
Breaking News

, 17 Feb 2015, 00:00:00 WIB, 19 View , Kategori : Tataruang

Pada tanggal 13 Februari 2015, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan (TRP) menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) terkait dengan rencana aksi nasional (RAN) Adaptasi Perubahan Iklim (API) yang diselenggarakan oleh Direktorat Lingkungan Hidup di Bappenas. Peserta yang hadir terdiri dari perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian PU-Pera, LIPI dan direktorat di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas.

Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan hasail stocktaking indikator RAN-API bidang Ketahanan Sistem Kehidupan (Sub Bidang Permukiman dan Infrastruktur), bidang Ketahanan Wilayah Khusus (Sub Bidang Perkotaan) dan Bidang Ketahanan Ekosistem.

Kementerian/Lembaga terkait dalam RAN-API Sub Bidang perkotaan antara lain Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup, BNPB, BIG, BMKG, LAPAN, LIPI, BPPT, Bappenas, Dewan Nasional Perubahan Iklim, BKKBN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Ristek.

Peran tata ruang dalam penanganan perubahan iklim lebih banyak dalam aspek mitigasi. Berdasarkan RAN-MAPI yang disusun oleh Kementerian Pekerjaan Umum, upaya penanganan perubahan iklim difokuskan pada penyediaan Ruang Terbuka Hijau seluas 30% dari luas wilayah untuk setiap kota di Indonesia. Rencana tata ruang saat ini belum memasukkan aspek kerentanan wilayah terhadap perubahan iklim.

Di samping itu, belum terdapat perhitungan dampak  perubahan guna lahan dari kawasan hutan ke non hutan terhadap perubahan iklim. Untuk itu, perlu ada kejelasan skala yang akan digunakan dalam penyusunan peta kerentanan daerah terhadap perubahan iklim. Ke depan, akan dilakukan penentuan indikator RAN-API sub bidang permukiman, infrastruktur, dan perkotaan. (CH/SY)

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar