Selasa, 19 Januari 2021, WIB
Breaking News

, 02 Mar 2015, 00:00:00 WIB, 28 View , Kategori : Tataruang

Kegiatan Sosialisasi internal ini bertujuan untuk mewujudkan kesamaan pemahaman mengenai RPJMN 2015 - 2019 bidang TRP khususnya untuk internal Dit TRP. Selain itu, kegiatan ini merupakan tahap awal persiapan seial sosialisasi RPJMN 2015 - 2019 bidang TRP yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2015.

Ada beberapa hal penting dalam kegiatan ini yaitu:

Penyampaian materi setiap slide-nya memerlukan jeda (tidak terburu – buru); setiap slide harus memiliki makna (ada poin yang ingin disampaikan) dan kata kunci, gimik (untuk memudahkan).
b) Perbaikan slide: (i) kerangka RPJMN 2015 – 2019 disimpan di awal, baru masuk pada visi, misi, dan nawacita; (ii) paparan tidak seluruhnya teks, karena akan membuat jenuh. Sesekali ditampilkan dalam bentuk visual; (iii) Jika terdapat materi berupa alur, sebaiknya menggunakan panah.
c) Agar peserta fokus pada presenter, sebaiknya peserta tidak dibagikan bahan presentasi (lengkap) agar timbul perhatian dan respon. Bahan lengkap disampaikan setelah selesai acara. Paparan disusun ringkas, padat, visual dapat melalui video, yang membuat peserta penasaran sehingga pada sesi diskusi akan ada interaksi.
d) Materi paparan harus disesuaikan dengan jenis peserta. Bisa saja dilakukan pemotongan pada materi paparan, hanya yang terkait saja dengan peserta, materi yang komprehensif (gambaran umum) digambarkan di awal paparan secara singkat. Untuk memastikannya, perlu ada observasi peserta, melalui kuesioner ringan, dan berkomunikasi sebelumnya dengan orang yang berpengaruh terhadap sebagaian besar peserta (jika sosialisasi dilakukan di lingkup kecil, seperti Desa, RT/RW).
e) Jika peserta beragam, sebaiknya menggunakan kata umum yang tidak multipersepsi dan kualitas/kedalaman dari materi diambil yang tengah – tengah saja. Tetap menjaga kontak poin dengan masing – masing jenis peserta.                              
f) Diusulkan sebaiknya sasaran sosialisasi adalah mahasiswa/perguruan tinggi, sebagai perpanjangan tangan penyampaian RPJMN 2015 – 2019.
g) Setelah pelaksanaan sosialisasi, perlu penyebaran kuesioner kepada peserta, berisi indeks persepsi/kepuas
an (skala 1 – 5)
h) Saran untuk portal dan situs TRP: data disimpan di homepage, karena cenderung dicari banyak orang.
i) Saran untuk media cetak TRP: perlu ada survei pembaca, sebagai timbal balik/insentif dapat diberikan souvenir.


Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, Subdit Infosos mengolah data kuesioner, menyelesaikan notulensi, dan mempersiapkan penyelenggaraan serial seminar sosialisasi 1 (peserta: K/L, DPR, dan direktorat mitra di Bappenas). selain itu juga
Subdit Tata Ruang dan Pertanahan akan  mempersiapkan materi presentasi RPJMN 2015 – 2019 Bidang TRP untuk serial seminar sosialisasi 1 (dengan menyesuaikan masukan pada saat sosialisasi internal) - SY



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 25 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 31 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 21 Kali

Tuliskan Komentar