Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 06 Agu 2008, 00:00:00 WIB, 42 View , Kategori : Tataruang

Ribuan KK di 11 Desa Diungsikan

Serang, Kompas - Sebagian lahan untuk pembangunan Waduk Karian di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, akan segera dibebaskan dalam waktu dekat. Dana pembebasan sebesar Rp 4,9 miliar yang disiapkan pemerintah segera dicairkan.

Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pemukiman (DPSDAP) Banten Winarjono, Selasa (5/8), Pemerintah Provinsi Banten sudah mengalokasikan anggaran Rp 2,4 miliar untuk pembebasan lahan Waduk Karian. Begitu pemerintah pusat sudah menganggarkan dana Rp 2,5 miliar untuk membebaskan lahan waduk di daerah Sajira tersebut.

Saat ini Pemerintah Provinsi Banten tengah memproses pencairan dana pembebasan yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2008.

”Sekarang sedang dalam proses pencairan. Anggaran dari pusat akan dikelola oleh Balai Besar Wilayah Cidanau, Ciujung, dan Cidurian,” kata Winarjono menjelaskan.

Dalam bendungan

Pada tahap pertama ini, lahan yang akan dibebaskan adalah lahan yang berada di dalam badan bendungan Waduk Karian. Menurut Winarjono, kemungkinan luas lahan yang akan dibebaskan mencapai 16 hektar dari dana APBD ditambah 16 hektar dari APBN.

Secara terpisah, Penjabat Bupati Lebak Hidayat Djauhari menjelaskan, pihaknya sedang menunggu usulan biaya untuk pengukuran lahan dari Tim Sembilan.

Rencananya pada tahap pertama, Tim Sembilan Pemerintah Kabupaten Lebak akan mengukur lahan untuk badan bendung seluas 80 hektar. ”Pembebasan baru akan dilakukan setelah pengukuran selesai,” katanya.

Sesuai dengan rencana, Waduk Karian akan dibangun di area lahan seluas 2.225 hektar. Terdiri dari wilayah genangan 1.740 hektar, daerah dam 64 hektar, jalan air 55 hektar, kawasan bebatuan 20 hektar, sabuk hijau 200 hektar, jalan utama 21 hektar, dan sebagainya.

Sebanyak 11 desa

Pembangunan Waduk Karian ini dilakukan dengan berdasarkan pada hasil kajian Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian tahun 2007. Untuk kepentingan proyek itu akan dipindahkan 11 desa di Kecamatan Sajira, Rangkasbitung, Maja, dan Cimarga.

Sedikitnya 3.440 keluarga di 11 desa itu akan direlokasi. Pemerintah akan menyediakan sekitar 40 hektar lahan. Selain itu, jumlah bangunan yang akan tergusur diperkirakan mencapai 2.802 unit. Adapun luas lahan daratan yang akan dibebaskan mencapai 1.455 hektar dan lahan sawah seluas 348,7 hektar.

Pemerintah menargetkan, pembebasan lahan Waduk Karian bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun. ”Untuk pembebasan, sudah diajukan ke APBN dana sekitar Rp 50 miliar. Namun, belum tahu berapa besar dana yang akan direalisasikan,” tutur Winarjono.

Untuk diketahui, pembangunan Waduk Karian sudah direncanakan sejak tahun 1990-an. Waduk ini dibangun untuk memasok air dan mengurangi ketergantungan warga Jakarta pada Sungai Citarum.

Selain itu, air waduk tersebut juga diharapkan bisa memasok kebutuhan air untuk daerah Tangerang, Bekasi, Serang, serta untuk kebutuhan industri di Cilegon. (NTA)waduk, lahan



Lahan Waduk Dibebaskan
, 06 Agu 2008, 00:00:00 WIB, Dibaca : 42 Kali

Tuliskan Komentar