Kamis, 26 November 2020, WIB
Breaking News

, 14 Nov 2014, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (11/11). Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, Kementerian PPN/Bappenas diwakili oleh Sub Direktorat Pertanahan, menghadiri rapat pembahasan peta jalan kebijakan sektor perumahan di Hotel Artotel, Jakarta. Rapat yang diselenggarakan oleh Direktorat Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas, bertujuan untuk melakukan finalisasi (wrap up) kebijakan sektor perumahan, studi bantuan Bank Dunia, fase I.

Secara umum, kebijakan sektor perumahan disampaikan dalam bentuk enam agenda besar, yaitu: (1) Action 1 : Mengembangkan program penanganan kumuh secara komprehensif; (2) Action 2 : Perumusan kembali kebijakan subsidi perumahan formal; (3) Action 3 : Redisain program Rumah Tumbuh (Incremental Housing Program); (4) Action 4 : Penyediaan subsidi uang muka untuk kredit pembiayaan perumahan; (5) Action 5 : Build Robust Delivery System; dan (6) Action 6 : Pengadaan lahan perkotaan untuk perumahan dan permukiman. Masing-masing agenda tersebut kemudian dijabarkan dalam karakteristik kebijakan yang lebih rinci.

Uke Muhammad Husein, Kasubdit Pertanahan mengungkapkan bahwa secara umum Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, Kementerian PPN/Bappenas menyetujui dan mendukung point-point karakter rinci kebijakan yang disampaikan. Namun demikian, khusus untuk agenda enam terkait pengadaan lahan perkotaan untuk perumahan dan permukiman, perlu ada perbaikan yang merubah urutan dan pengelompokan.

Adapun usulan terkait dengan perbaikan tersebut antara lain: (i) penguatan peran pemda dalam pembebasan lahan; (ii) mendorong melalui skema insentif dan disinsentif untuk melakukan pemutihan kepemilikan di permukiman informal dan penggunaan lahan publik yang masih belum dimanfaatkan; dan (iii) menetapkan insitusi yang melakukan proses negosiasi dengan pemilik lahan dalam penggunaan lahan, pengadaan lahan, dan juga pembebasan lahan. [UK]

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar