Jumat, 27 November 2020, WIB
Breaking News

, 13 Okt 2014, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang

Jakarta,(13/10). Sebagai bagian pelaksanaan Peraturan Pemerintah No.39 Tahun 2006 Setiap Kementerian/Lembaga wajib menyampaikan target kinerja dan realisasi anggaran per triwulan sebagai bentuk akuntabilitas keuangan dan pelaporannya.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian PPN/Bappenas pada hari ini, Senin, 13 Oktober 2014 menyelenggarakan pertemuan dengan para PPK, Koordinator Kegiatan dan Keuangan dari masing-masing Unit Kerja Eselon (UKE) I dan II untuk menyiapkan Laporan pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2006 untuk Triwulan III dalam Tahun Angggaran 2014.  Pertemuan diselenggarakan oleh Biro Renortala bertempat di Hotel Morrissey, Jakarta. Peserta yang hadir selain dari perwakilan Staf UKE I dan II juga hadir staf dari Direktorat Evaluasi Pembangunan bertindak sebagai pemandu dalam pengisian aplikasi e-monev yang dilakukan secara online.

Rapat bertujuan untuk mengkonsolidasikan penyusunan laporan dari pelaksanaan PP 39 tahun 2006 Program dan Kegiatan Kementerian PPN/Bappenas untuk Triwulan III TA 2014. Untuk penyusunan laporan ini, aplikasi dapat dilihat di e.monev@bappenas.go.id dengan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk melihat (memantau) target dan capaian kinerja dari masing-masing program dan kegiatan di unit kerja yang bersangkutan.

Pemantauan kinerja melalui e-monev tersebut, dimana dalam aplikasi yang ada untuk set target dikunci untuk satu tahun. Input target penyerapan/realisasi anggaran dan target kinerja selama satu tahun di awal tahun (TW.1). Hal-hal yang perlu dilaporkan dalam e-monev ini berupa : (a) target per triwulan. Untuk e-monev K/L merupakan target anggaran kegiatan, (b) realisasi per triwulan  yang merupakan realisasi anggaran kegiatan yang sesuai SP2D atau Data SAI serta realisasi indicator kinerja kegiatan, (c) Masalah dan tindak lanjut dalam pelaksanaan kegiatan.

Dalam set target untuk anggaran dan kinerja menggunakan persentase, dengan terkait karakteristik masing-masing kegiatan dan kolom pagu reviu adalah pagu terkahir yang digunakan pada triwulan tersebut termasuk perubahan total anggaran sebagai revisi anggaran dan perhitungan realisasi anggaran menggunakan dokumen  SP2D terakhir di triwulan tersebut. Sesuai dengan PP No. 39 tahun 2006 pelaporan paling lambat dilakukan 14 hari kerja setelah triwulan berakhir.  Untuk validasi pelaporan di Bappenas dimiliki oleh Sekjen / Sesmen/Sestama; dalam hal ini biasanya digunakan oleh Biro Perencanaan.  Penyampaian resmi laporan ke Bappenas dinyatakan sah/resmi apabila telah divalidasi oleh Biro Perencanaan.  Selanjutnuya, Biro Perencanaan tidak bisa mengedit, apabila ada kesalahan harus dikonfimasi ke penanggung jawab program.

Batas akhir memasukan data terkait laporan program dan kegiatan masing-masing dari unit kerja yang diinput ke dalam aplikasi e-monev ini diharapkan paling lambat tanggal 24 Oktober 2014.  Untuk Direktorat TRP sudah melakukan input data tersebut yang berdasarkan SP2D per 30 September 2014 sebesar 60 persen (SY).



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar