Jumat, 27 November 2020, WIB
Breaking News

, 08 Apr 2014, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Jakarta (8 April 2014).Sebagai bagian dari kegiatan koordinasi reforma agraria nasional, maka pada tanggal 3 April 2014 telah dilakukan kick off meeting yang merupakan pelaksanaan pilot project reforma agraria nasional pada tahun 2014 di 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Bangka Belitung.

Kick off meeting diselenggarakan di Ruang rapat SG 4-5 Gedung Bappenas dan dihadiri oleh Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pertanian, Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan, Bappeda Jawa Tengah, Bappeda Bangka Belitung, BPN Kanwil Jawa Tengah, BPN Kanwil Bangka Belitung.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah, Bappenas menyampaikan konsep ideal reforma agraria serta peranan Kementerian/Lembaga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Terdapat 2 skema dari pelaksanaan Pilot Project Reforma Agraria yang akan dilaksanakan di Jawa Tengah dan Bangka Belitung dimana (a) Pelaksanaan Program K/L sebagai access reform mengikuti kegiatan Redistribusi Tanah /Legalisasi Tanah yang telah dilakukan sebagai asset reform dan (b) Pelaksanaan Legalisasi Aset oleh BPN sebagai Asset Reform mengikuti pelaksanaan Program Kementeran/Lembaga sebagai access reform.

Peserta yang hadir berasal dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta BPN menyambut baik pelaksanaan kegiatan Pilot Project Reforma Agraria Nasional dan bersedia bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatannya.  Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyampaikan juga bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Reforma Agraria membutuhkan Kementerian PPN/Bappenas untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan dengan Kementerian Lembaga agar dapat berjalan dengan lancar.  Terdapat usulan dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk melaksanakan kegiatan serupa di provinsi Jawa Timur melihat kesiapan dari pemerintah daerah serta masyaraka terkait dengan kegiatan reforma agraria.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan kick off ini akan dilakukan persiapan pelaksanaan Koordinasi Teknis Pilot Project Reforma Agraria di Jakarta dan di daerah. (SY)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar