Sabtu, 28 November 2020, WIB
Breaking News

, 04 Apr 2014, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Sebagai tindak lanjut dari rapat Pra Workshop 3, yang bertujuan untuk menggali kembali ide dan program K/L, LSM, dan swasta untuk penanganan DAS Ciliwung, Kementrian Lingkungan Hidup kembali mengadakan Pra Workshop 4 di Ruang Mahoni, Hotel Park, Jakarta, Kamis (3/04).

Rapat ini menghadirkan empat narasumber, yang berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Pekerjaan Umun, KemkoKesra, dan Ikatan Alumni Mahasiswa Jerman di Indonesia. Dalam rapat tersebut dijelaskan bahwa program penataan ruang untuk penanganan DAS Ciliwung adalah revisi RTR KSN Jabodetabekpunjur dan sekaligus bentuk sosialisasi RTR. Isu tata ruang dalam konteks ini, meliputi: 1) penegakan hukum; 2) leadership; dan 3) RTR yang tidak implementatif.

Dit. Sungai dan Pantai-Kemen PU mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyusun pedoman kajian penetapan sempadan sungai dan perizinan pemanfaatan sempadan sungai, dan akan diterbitkan tahun ini. Permen ini merupakan amanat PP 38/2011 tentang Sungai. Dijelaskan pula bahwa PPNS Bidang SDA bertugas melakukan pengawasan terhadap sumber air dan kawasan sempadan. Pihak Kemen PU juga mengklaim bahwa pihaknya telah melakukan inventarisasi bangunan sempadan sepanjang 190 km. Pilot project best practices akan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu Kampung Pulo, MT. Haryono, dan Kasablanka. Sudah ada MOU 12 menteri untuk penanganan DAS Ciliwung, namun tidak berjalan. Maka, dibutuhkan action plan sebagai tindak lanjut dari MOU tersebut. Sebagai kelanjutannya, akan digelar Rakor Ciliwung di Kemko Kesra pada Bulan Mei. Bappenas yang diharapkan mengkoordinasikan program lintas sektor untuk DAS Ciliwung. (GP/AY/TRP)

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar