Senin, 23 November 2020, WIB
Breaking News

, 02 Apr 2014, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

Jakarta, (28/3), Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan menghadiri kegiatan pembahasan Roadmap and Resource Mapping The Land , di Ruang Rapat SG 4, Bappenas. Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Bappenas (Direktorat Permukiman dan Perumahan), Kementrian Perumahan Rakyat, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan World Bank.

Rapat yang dipimpin oleh Direktur Permukiman dan Perumahan, Ir. Nugroho Tri Utomo, MRP, bertujuan untuk menyepakati pelaksanaan kegiatan penyusunan roadmap Kebijakan Perumahan dan Permukiman. Hasil dari penyusunan roadmap tersebut akan dijadikan masukan dalam RPJMN Bidang Perumahan dan Permukiman tahun 2015-2019 serta Renstra K/L yang terkait dengan Bidang Perumahan dan Permukiman.

Sementara itu, isu yang berkaitan dengan Bidang Pertanahan yaitu Penyusunan Kebijakan untuk meningkatkan akses terhadap lahan di perkotaan untuk penyediaan perumahan bagi masyarakat miskin khususnya. Terdapat beberapa target capaian dalam rangka penyusunan roadmap tersebut, beberapa capaian tersebut meliputi: (i) Pembahasan Isu Strategis Kebijakan Pertanahan terkait Akses Masyarakat terhadap tanah serta identifikasi jenis bank tanah yang ada di dunia (Apri-Mei); (ii) Draft Kebijakan Pertanahan di Wilayah Perkotaan disertai dengan studi kasus (Juni-Juli); (iii) Masukan kebijakan pertanahan dalam penyusunan roadmap kebijakan perumahan (September-Oktober).

Dengan adanya target dalam penyusunan kebijakan mengenai pertanahan tersebut, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan diberikan keleluasaan untuk menyusun jadwal detail kegiatan sehingga dapat bersinergi dengan kegiatan lain di direktorat TRP dan berhak menentukan serta mengarahkan kebijakan yang disusun sehingga dapat saling mendukung dengan kebijakan lain di Bidang Pertanahan. Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan sebagai salah satu unit kerja yang berhubungan dengan Bidang Pertanahan diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan stakeholder di Bidang Pertanahan dan memastikan kebijakan yang disusun dapat sejalan dan saling bersinergi. (GN/AY/TRP)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 16 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar