Jumat, 27 November 2020, WIB
Breaking News

, 10 Mar 2014, 00:00:00 WIB, 21 View , Kategori : Tataruang

 Rapat ini diselenggarakan dalam rangka konsultasi DPRD Kabupaten Kulon Progo dalam penyusunan rencana detail tata ruang. Dalam kesempatan ini, ada beberapa hal yang dikonsultasikan yaitu mengenai ketentuan penentuan prioritas dalam penyusunan rencana detail tata ruang Kabupaten Kulon Progo dan konflik antara kegiatan pertambangan dengan pembangunan bandara.

Pembahasan lebih lanjut adalah mengenai RTRW Kabupaten Kulon Progo telah ditetapkan pada tahun 2012 melalui Perda No. 1 Tahun 2012. Selain itu ada penentuan prioritas penyusunan RDTR dilakukan  berdasarkan arahan RTRW Kabupaten, terutama pada kawasan cepat tumbuh dan kawasan strategis perkotaan. dibahas pula mengenai kegiatan pemurnian bijih besi dalam kawasan pertambangan pasir besi di wilayah bagian barat Kulon Progo ditengarai dapat mengganggu aktivitas bandara yang dibangun di wilayah bagian timur akibat limbah pertambangan dan jarak lokasi penyimpanan bahan bakar pesawat dan kawasan pertambangan yang terlalu dekat. Rencana pemindahan instalasi pemurnian bijih besi dari kawasan pertambangan ke kawasan industri tidak dapat dilakukan karena proses pemurnian dianggap sebagai salahsatu kegiatan pertambangan (bukan kegiatan industri).

Tindak lanjut dari hasil kunjungan ini adalah perlu ditekankan bahwa penyusunan Rencana Detail Tata Ruang harus mengacu kepada Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kulon Progo. Penetapan rencana detail beberapa kawasan sebaiknya dilakukan dalam 1 Peraturan Daerah. serta pembangunan instalasi pemurnian bijih besi pada kawasan pertambangan harus dilengkapi AMDAL. Jika AMDAL menunjukkan hasil negatif terhadap kondisi lingkungan maka kegiatan pertambangan tersebut harus dibatasi/ditutup.

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar