Sabtu, 28 November 2020, WIB
Breaking News

, 30 Jan 2014, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Sebagai bagian dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2014, kegiatan pemberian Anugerah Pangripta Nusantara Tahun 2014 merupakan kegiatan apresiasi terhadap daerah yang berprestasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Penilaian dilakukan terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Dalam rangka itu, pada tanggal 29 Januari 2014 telah dilakukan rapat koordinasi terkait dengan bagaimana mekanisme dan prosedur dalam pemberian anugerah tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Tim Penilai  terdiri dari :

  1. Tim Penilai Utama yang beranggotakan para Direktur
  2. Tim Penilai Teknis yang beranggotakan Eselon 3 dan JFP
  3. Tim Penilai Independen

Untuk tingkat Provinsi, penilaian terbagi menjadi 3 (tiga) tahap. Penilaian Tahap I terhadap 33 dokumen RKPD Provinsi yang menghasilkan 12 provinsi nominasi (BOBOT 30%), Penilaian Tahap II terhadap proses perencanaan di 12 provinsi nominasi (BOBOT 30%) dan Penilaian Tahap III melalui persentasi dan wawancara terhadap 12 provinsi nominasi (BOBOT 40%). Sedangkan Penilaian tingkat Kabupaten/Kota juga terbagi 3 tahap, dimana tahap I untuk mendapatkan 3 Kab/Kota yang terbaik per provinsi berdasarkan tim penilaian tim pusat, pada penilaian  tahap II untuk menghasilkan 1 Kab/Kota Nominasi per Provinsi yang akan dikirim ke Pusat (Penilaian oleh Tim Penilai Provinsi) dan penilaian tahap III untuk dilakukan persentasi dan wawancara terhadap 33 Kab/Kota terbaik dari tiap provinsi berdasarkan penilaian oleh Tim Penilai Pusat.

Klasifikasi pembagian wilayah adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok A, yaitu daerah dengan kriteria sumber daya cukup besar untuk menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas.
  2. Kelompok B, yaitu daerah dengan kriteria sumber daya belum optimal namun mempunyai kemampuan potensial untuk menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas.

Untuk masing-masing kelompok A dan B, Penghargaan diberikan ke dalam:

  1. Pangripta Nusantara Utama, diberikan kepada daerah dengan hasil perencanaan terbaik (pemenang utama).
  2. Pangripta Nusantara Pratama, diberikan kepada daerah dengan hasil perencanaan baik (pemenang harapan).

Tindak lanjut dari rapat koordinasi ini adalah akan dilakukan :

  • Pengumpulan dokumen RKPD 33 provinsi oleh Sekretariat (Dit Perkotdes)
  • Jika dokumen tersebut sudah lengkap, penilaian akan dimulai oleh Tim Penilai Teknis yang masing-masing anggota akan menilai beberapa dokumen RKPD Provinsi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar