Senin, 23 November 2020, WIB
Breaking News

, 28 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 14 View , Kategori : Tataruang

Pada tanggal 25 November 2013 Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Peserta berasal dari Perwakilan Kanwil dan Kantah BPN seluruh Indonesia dan perwakilan Pemda.  Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh instansi yang terlibat dalam proses pengadaan tanah mengenai peraturan   pengadaan tanah yang terbaru. Dengan demikian diharapkan proses pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, Bappenas sebagai narasumber menyampaikan bahwa sangat penting ketersediaan tanah untuk melaksanakan pembangunan bagi kepentingan umum dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Banyak permasalahan dan hambatan  yang dihadapi dalam pengadaan tanah selama ini seperti maraknya spekulasi tanah, adanya penolakan masyarakat karena besaran ganti rugi yang tidak sesuai, rencana lokasi pembangunan yang tidak sesuai dengan RTRW, seharusnya dapat diselesaikan dengan melakukan terobosan dalam mengoptimalkan peraturan perundang-undangan No. 2 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden No. 71 Tahun 2012 yang mempunyai prinsip tanah untuk pembangunan kepentingan umum harus tersedia. 

Pengadaan tanah untuk kepentingan umum pelaksanaannya harus sesuai dengan RTRW, Rencana pembangunan nasional/daerah, rencana strategis, dan rencana kerja setiap instansi.  Oleh karena itu, yang penting harus dilakukan oleh instansi yang memerlukan tanah dan tim penyelenggara pengadaan tanah adalah berkoordinasi dengan semua stakeholder dan menyesuaikan dengan satuan biaya yang ditetapkan dalam PMK.

Tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini perlu adanya sosialisasi dalam forum yang lebih kecil agar lebih pembahsan lebih fokus dan terarah.

 

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 12 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 16 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 11 Kali

Tuliskan Komentar