Senin, 30 November 2020, WIB
Breaking News

, 27 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 14 View , Kategori : Tataruang

Pada tanggal 25 November 2013,Staf Ahli Menteri PPN Bidang Tata Ruang dan Kemaritiman, Bappenas menyelenggarakan seminar akhir Kajian Peran Sera Masyarakat dalam Penataan Ruang Wilayah Pesisir yang dilaksanakan di Ruang rapat SG-Bappenas. Peserta Seminar dihadiri oleh Direktoat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum, Coral Triangle Center, Kemendagri, Kemenhut, ESDM, Kemenko Perekonomian, Universitas Tarumanegara, Universitas Trisakti dan perwakilan staf direktorat terkait di Bappenas.

Seminar membahas antara lain peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat membantu edukasi masyarakat dalam rangka pelibatan masyarakat dalam penyusunan rencana tata ruang di wilayah pesisir.

Berdasarkan fakta yang ada saat ini, karakteristik kota pesisir di Indonesia, terdapat 47 kota di wilayah pesisir, dimana ada 5 (lima) di antaranya adalah metropolitan. Dari 472 kabupaten dan kota, 300 di antaranya dibangun dekat sumber air.Selain itu juga masih ada badan sungai menyempit dan mendangkal akibat pembangunan di tepi sungai, penggundulan dan sedimentasi sehingga pada musim hujan air meluap membanjiri kota (rob).

Pelibatan masyarakat semakin bekurang pada tingkat makro.  Oleh karenanya perlu differensiasi partisipasi berdasarkan produk rencana. Pada kesempatan tersebut, Kemendagri menyampaikan bahwa Kemendagri tengah menyusun Rapermen terkait tata cara peran serta masyarakat. Diharapkan dari hasil kajian ini perlu disampaikan untuk menjadi masukan.

Berdasarkan hasil temuan Tim Kajian, dapat dikatakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat sebatas pelibatan di tahap akhir. Selain itu, kendala juga ditemui dalam hal ketersediaan waktu, khususnya bila dikaitkan dengan sistem keproyekan yang lamanya hanya satu tahun.

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 21 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar