Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 22 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 18 View , Kategori : Tataruang

Pada tanggal 21 November 2013, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan menghadiri Workshop Nasional Akselerasi RZWP-3-K yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).  Workshop ini  bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya penyusunan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil kepada Daerah agar akselerasi penyusunan bisa tercapai.

Penyusunan RZWP-3-K sangat diperlukan khususnya di wilayah Indonesia daerah perbatasan, kawasan terluar, dan kawasan terpencil. Proses penyusunan akan difasilitasi oleh KKP dan dibantu dengan BKPRN.  Diharapkan Dokumen RZWP-3-K ini harus terintegrasi dengan Dokumen Rencana Tata Ruang dan Rencana Pembangunan. Selain itu proses persetujuan substansi RZWP-3-K harus melalui forum BKPRN dan proses penetapan Perda harus melalui proses evaluasi dari Kemendagri.

Dalam kesempatan ini, ada beberapa masukan dari daerah yang harus dipertimbangkan kembali: (i) pendelegasian penyediaan data spasial yang teknis dan mekanisme melalui MOU yang berlaku di BIG dengan Daerah; (ii) proses penyusunan RZWP3-K perlakuannya disamakan dengan proses pendampingan penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang dari KemenPU.  Sosialisasi substansi RZWP-3-K disertai dengan sharing pembelajaran (lessons learned) dari daerah yang telah memiliki perda tentang RZWP-3-K. Hal-hal lain yang penting dibahas antara lain : (i) Pembahasan Aspek data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan RZWP-3-K; (ii) Penguatan Peran BKPRD di dalam penyusunan RZWP-3-K; (iii) Proses dan Mekanisme Persetujuan Substansi (termasuk didalamnya penyamaan nomenklatur); (iv) proses dan mekanisme Penetapan Perda RZWP-3-K.

Diharapkan rumusan Hasil Workshop akan menjadi masukan untuk FGD Penyelarasan Implementasi UU 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan UU 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2013.

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 15 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 19 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar