Kamis, 26 November 2020, WIB
Breaking News

, 21 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 16 View , Kategori : Tataruang

1.      Pada tanggal 21 Novermber 2013 Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, Bappenas menghadiri kegiatan Sosialsasi E-Monev Daerah yang diselenggarakan oleh Direktorat Sistem Evaluasi Kinerja Pembangunan  Daerah bertempat di Hotel Lumiere, Jakarta.  Acara ini dihadiri oleh seluruh Kementerian/Lembaga, Perwakilan Bappeda Propinsi dan Kementerian PPN/Bappenas.  

      Pembangunan e-monev daerah dilatarbelakangi menyediakan media pelaporan secara online (form A) bagi satker di daerah terutama untuk dekonsentrasi, tugas pembantuan dan tugas wewenang lainnya. Selain  itu juga untuk memberikan bantuan/fasilitasi dalam pengumpulan laporan sakter kepada Kementerian/Lembaga, Bappeda Propinsi/Kabupaten/Kota dan mendorong berjalannya sistem yang dapat memberikan feedback bagi pelaksanaan pelaporan PP 39/2006.

2.      Dalam proses pembangunan dan penyempurnaan aplikasi ini telah dilaksanakan workshop di 3 (tiga) Kota yaitu Palembang makasar dan Yogyakarta) dengan melibatkan seluruh Bappeda propinsi dan beberapa SKPD dan Bappeda Kabupaten/Kota.

3.      Sebagai tindak lanjut untuk menggunakan aplikasi E-monev tsb maka Direktorat Sistem dan pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan mengadakan sosialisasi aplikasi e-monev ini agar dapat segera dimanfaatkan oleh seluruh pihak pelaksana yang terkait dengan kegiatan pelaporan, pemantauan dan evaluasi pengelolaan dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan.

4.      Pengguna aplikasi e-monev daerah adalah (i) account satuan kerja, (ii)  account Bappeda propinsi, (iii) acoount kabupaten/kota dan (iv) account SKPD. Dengan struktur e-monev dan prinsip aplikasi e-monev bagi setiap pengguna berbeda

5.      Manfaat dari e-Monev daerah ini adalah :

a.       Dashboard : Setiap Account memiliki “dashboard” untuk melihat status pelaksanaan kegiatannya, juga terhadap capaian Bappeda/Satker/SKPD lainnya.

b.      Notifikasi Warna : untuk menunjukkan status capaian/realisasi anggaran dan kemajuan fisik suatu kegiatan yang ditentukan berdasarkan rata-rata gap antara target dan realisasi output pada kegiatan.

c.       Efektif : Memudahkan pelaporan karena proses entry yang lebih sederhana, dan dapat langsung dikirim dan diterima oleh penerima laporan (Bappeda dan K/L terkait).

6.      Sosialisasi ini juga dipresentasikan bagaimana menggunakan aplikasi e-monev secara online dengan membuka website e-monev.bappenas.go.id dan menggunakan usernamed dan password sesuai dengan nama pengguna eaplikasi e-monev.

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar