Minggu, 29 November 2020, WIB
Breaking News

, 15 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang

Pada tanggal 14 November 2013 Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan (Dit TRP) Bappenas menyelenggarakan rapat koordinasi publikasi batas kawasan hutan bertempat di Rapat SG-3 Bappenas. Para peserta terdiri dari Biro Perencanaan BPN, Direktorat Pengukuran Dasar BPN, Direktorat Pendaftaran Hak tanah dan Guna Ruang BPN, Direktorat Batas Bidang Tanah dan Guna Ruang, Direktorat Pengukuhan dan Penata Gunaan Kawasan Hutan, Direktorat Perencanaan Kawasan Hutan, Direkotorat Kehutanan dan KSDA Bappenas, serta staf Direktorat TRP Bappenas.

Pembahasan meliputi  publikasi batas kawasan hutan sebagai salah satu upaya dalam memberikan kepastian hukum hak atas tanah yang mendorong pada perubahan sistem pendaftaran Tanah dari negatif menjadi positif.  Publikasi batas kawasan hutan yang dimaksud adalah pemetaan batas kawasan hutan dalam skala kadastral 1:5000 untuk dapat mengurangi konflik baik antar pemerintah, swasta maupun dengan masyarakat.

Dalam pelaksanaan penetapan batas hutan berdasarkan mekanisme penetapan dari kehutanan di dokumentasikan melalui 3 dokumen yaitu berita acara, peta dan buku ukur.  Kementerian kehutanan, BPN serta bappenas telah setuju dengan pelaksanaan kegiatan publikasi batas kawasan hutan yang diawali dengan pilot project di 3 lokasi yang sebelumnya telah di survey yaitu Hutan Yeh Ayah Bali, Hutan Mangkol dan Hutan Pantai Rebo di Bangka belitung. Rencana pelaksanaan pilot project akan dilaksanakan pada tahun 2014 dengan pendanaan yang akan dibicarakan lebih lanjut. Melalui pihak BPN, rencananya pendanaan akan diusahakan dari alokasi PNBP.

Diharapkan dari rapat koordinasi ini pihak Kehutanan, BPN dan Bappenas menyetujui rencana kegiatan publikasi batas kawasan hutan dan teknis pelaksanaan serta bentuk dokumen publikasi akan dibahas pada rapat selanjutnya.

 



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar