Rabu, 25 November 2020, WIB
Breaking News

, 13 Nov 2013, 00:00:00 WIB, 17 View , Kategori : Tataruang

Pada Senin-Selasa (11-12 November 2013), Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan telah melaksanakan kegiatan Evaluasi dan Pemantuan Kegiatan Pembangunan Bidang Tata Ruang dan Pertanahan di Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pelaksanaan dan pencapaian penyelenggaraan program bidang tata ruang dan pertanahan. Sebagai sampel, Provinsi Sulawesi Utara dipilih dengan beberapa pertimbangan kondisi: 1) RTRW yang belum diperdakan namun proses perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan sudah selesai dilakukan oleh Tim Terpadu Kementerian Kehutanan; 2) Terdapat berbagai pusat pengembangan ekonomi dengan kepentingan nasional seperti usulan KEK Tanjung Merah-Bitung dan KAPET Manado-Bitung; dan 3) Tingkat cakupan peta dasar pertanahan yang sudah tergolong baik, mencapai lebih dari 85% dari total luas wilayah provinsi.

Rangkaian kegiatan diawali dengan rapat bersama Bappeda Provinsi, Kanwil BPN Provinsi, serta Dinas PU Provinsi. Peserta cukup antusias dalam mengemukakan berbagai isu yang terjadi di daerahnya, dengan beberapa isu strategis yang teridentifikasi meliputi: peran BKPRD dalam penataan ruang daerah, alih fungsi lahan kawasan hutan pada wilayah permukiman, penetapan kawasan pertanian dalam mendukung ketahanan pangan, serta sengketa dalam pembebasan lahan. Selain itu untuk mendukung proses evaluasi dan pemantauan, dilakukan juga pengumpulan data dan informasi mengenai kemajuan kegiatan oleh Bappeda, Kanwil BPN dan Dinas PU yang termasuk  prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2012 dan 2013.

Adapun kegiatan selanjutnya berupa kunjungan lapangan ke 2 lokasi, yaitu Desa Pinilih di Kabupaten Minahasa Utara untuk lebih menemukenali isu alih fungsi lahan kawasan hutan pada wilayah permukiman, serta kawasan pantai di perbatasan Kota Manado dengan Kabupaten Minahasa terkait adanya rencana pelaksanaan reklamasi yang masih menemui banyak kendala.



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 20 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar