Senin, 30 November 2020, WIB
Breaking News

, 23 Mei 2012, 00:00:00 WIB, 15 View , Kategori : Tataruang

Dalam rangka sosialisasi peraturan perundangan di bidang penataan ruang, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan yang merupakan bagian dari Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) memiliki tugas menyelenggarakan maupun berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh anggota BKPRN lainnya. Sehubungan dengan itu, Direktorat Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup – Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundangan Bidang Penataan Ruang. Kegiatan ini diikuti oleh aparatur pemerintah daerah, baik provinsi/kabupaten/kota di Provinsi Sumatera, khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Pada kesempatan tersebut, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan terlibat dan berpartisipasi dengan menghadiri kegiatan tersebut yang diselenggarakan pada Tanggal 23 – 24 Mei 2012 bertempat di Hotel Mutiara, Gorontalo. Peserta yang hadir adalah Kepala Bappeda Provinsi di Pulau Sulawesi, dinas-dinas terkait di Provinsi Gorontalo, perwakilan dari Ditjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum, perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan perwakilan dari Biro Hukum Kemendagri.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk mendiseminasikan tata cara dan prosedur penyerasianantara dokumen rencana pembangunan dan rencana tata ruang. Kedua dokumen tersebut memiliki rezim hukum masing-masing dan dibutuhkan panduan bagi Daerah untuk memadukan substansi kedua dokumen tersebut. Apalagi dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2011 tentang RTR Pulau Sulawesi, memberikan arahan pemanfaatan ruang yang berfungsi sebagai alat paduserasi rencana tata ruang provinsi/kabupaten/kota. Perpres tersebut juga memberi ruang bagi rencana pembangunan untuk dapat diadopsi ke dalam rencana tata ruang. (Dit. TRP)



Menjaga Kawasan Konservasi dengan Rencana Tata Ruang Taman Nasional Kerinci Seblat
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:23:55 WIB, Dibaca : 18 Kali
FGD Kajian Strategi Komunikasi dan Sosialisasi RPJMN 2020 bidang Tata Ruang Pertanahan dan Informasi Geospasial
Sabtu, 22 Agu 2020, 11:24:18 WIB, Dibaca : 21 Kali
Identifikasi Capaian Pelaksanaan Reforma Agraria di Provinsi Sulawesi Utara
Selasa, 28 Apr 2020, 06:46:21 WIB, Dibaca : 14 Kali

Tuliskan Komentar